Cara Membuat CD Instalasi Ubuntu dengan Windows

Diposting oleh Belajar Ubuntu on Jumat, 05 Oktober 2012

Bagaimana Cara Membuat CD Instalasi Ubuntu dengan Windows?. Sebagai orang yang baru mengenal Ubuntu, tentu saya harus banyak mencari informasi tentang apa saja yang berhubungan dengan Ubuntu ini. Apa dan bagaimana cara kerjanya serta kelebihan apa saja yang akan kita dapat setelah menggunakan Ubuntu ini.

Untuk Pemula, saya akan mencoba memulai dengan bagaimana Cara Membuat CD Instalasi Ubuntu dengan Windows, yang nantinya CD Instalan ini berguna untuk menginstall Ubuntu ke dalam PC/Laptop Anda.

Untuk menginstal Ubuntu pada komputer yang saat ini menjalankan Windows, Anda perlu men-download file instalasi dan membakarnya ke CD, yang kemudian dapat digunakan untuk menginstal Ubuntu. Setelah Anda men-download file, ikuti petunjuk di bawah ini untuk membakar CD Anda, tergantung pada versi Windows yang sedang Anda gunakan.

Berikut langkah-langkah untuk membuat CD Instalasi Ubuntu untuk Windows 7:

1. Sebelum memulai membuat CD, Silahkan Download dulu file ISO yang sudah disediakan oleh Ubuntu yang sesuuai dengn spesifikasi Komputer Anda. Kita Ambil salah satu versi Ubuntu 12.04.1 LTS (Precise Pangolin).

2. Setelah selesai mendownload, Silahkan Klik kanan pada file ISO yang telah Anda download tadi dan pilih 'Burn disc image'.



3. Setelah mengklik 'burn disc image' maka akan muncul pilihan seperti yang tampak pada gambar berikut, lalu pilih 'Burn". Jika Anda mencentang 'Verify disc after burning', maka akan ada konfirmasi bahwa file ISO telah dibakar dengan benar.


Selesai. Anda tinggal menunggu proses pembakarannya. Sangat mudah bukan?

Berikutnya kita akan menocba langkah-langkah untuk membuat CD Instalasi Ubuntu untuk
Windows 95 / 98 / ME / 2000 / XP / Server 2003 / Vista


1. Silahkan Download dan install Recorder Infra, yaitu program gratis dan open source untuk pembakaran CD yang fungsinya sama dengan Nero atau program pembakaran CD lainnya namn program ini yang direkomendasikan.
2. Kemudian masukkan CD kosong dalam drive dan pilih ‘Do nothing’ atau ‘Cancel’ jika kotak dialog autorun muncul.
3. Selanjtnya  Infra Recorder dan klik tombol 'Write Image' di layar utama. Atau Anda dapat memilih menu 'Actions', kemudian klik tombol 'Burn image'.


4. Pilih file gambar CD Ubuntu yang ingin Anda gunakan, kemudian klik 'Open'.
5. Terakhir Pada kotak dialog, klik 'OK'. Selesai.

Demikian sedikit panduan bagaimana Cara Membuat CD Instalasi Ubuntu dengan Windows ini, Semoga Bermanfaat.
Bagi Artikel ini :

{ 3 komentar... read them below or add one }

ikram mengatakan...

berarti nanti CDnya di mount ya ?

Blog MR mengatakan...

Wahh,, terima kasih mas infonya... kbtlan lg cari tutorial burn image utk cd instalasi :D

Anonim mengatakan...

BetMGM Review ᐈ Get Up To £200 in Bonus CODES!
BetMGM 카지노사이트luckclub online casino games offer many exciting promotions and you can enjoy a welcome bonus up to £200. With a big selection of online gambling sites

Posting Komentar